Skip to content
Home » Blog » Uncategorized » Perbedaan Post dan Page di WordPress

Perbedaan Post dan Page di WordPress

banner post vs page

Apakah sobat tau bahwa ada perbedaan antara page dan post di WordPress?

Ketika pertama kali melihat dashboard wordpress penulis sempat bingung akan perbedaan antara post dan page, langsung muncul dikepala penulis apakah terdapat perbedaan fitur, manfaat atau bahkan fungsinya? setelah membaca beberapa artikel, akhirnya penulis dapat menyimpulkan beberapa perbedaan menadasar antara post dan page di WordPress.

Apa itu Post

Post biasanya digunakan untuk membuat blog content, article ataupun yang sobat ingin tampilkan di blog list. sobat dapat membuat ketegori atau tag untuk mengelompokannya berdasarkan topik yang sobat buat. dan post bersifat timely atau memiliki waktu, contohnya ketika sobat membuat blog tentang rekomendasi tempat wisata, tentunya dalam beberapa tahun sobat harus mengganti data yang ada agar menjadi lebih relevant dan stay up-to-date

Apa itu Page

Page biasanya digunakan untuk content yang bersifat static seperti home, about, dll. karena itu page bersifat timeless karena datanya jarang berubah atau bersifat jangka panjang kecuali jika kantor sobat pindah maka sobat haru memperbaruinya dipage. sobat dapat mengkelompokan page berdasarkan hirarkinya, contoh sobat ingin mempunyai toko pakaian sobat dapat membuat gendre sebagai parent page dan jenis pakian sebagai child page.

Setelah mengetahui arti atau kegunaan dari setiap fitur maka dapat penulis simpulkan beberapa perbedaan post dan page secara mendasar:

  • Post bersifat timely sedangkan page bersifat timeless.
  • Post dapat disusun berdasarkan categories dan tags, sedangkan page disusun berdasarkan hierarchical yaitu child dan parent page.
  • Post memiliki author dan published date.
post vs page in wordpress

Sumber bacaan: wp.beginner.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.